KPM-BPNT Saldonya Nol Menjadi Permainan
KPM-BPNT Saldonya Nol Menjadi Permainan

By Haris Saputro 10 Jun 2020, 08:53:13 WIB Way Kanan
KPM-BPNT Saldonya Nol Menjadi Permainan


Muaramedia.co.id-Way kanan, Saldo KKS- BPNT yang nilainya nol itu  bukan hanya ditahun ini, tetapi terjadi dari awal porgram itu ada.ungkap kabid fakir miskin dinas sosial Tedika, Selasa (10/6) di ruang kerjanya.

Tedika selaku kabid menambahkan, KKS-BPNT saldonya kosong ada kemungkinan yang saldo nol karena kartu nya ganda dia sudah dapat kartu PKH ternyata  di terbitkan lagi dapat kartu KKS BPNT aturan resminya kan gak boleh dua kartu harus satu kartu, sehingga harus ada di salah satu kartu yang di non aktifkan,  

Baca Lainnya :

"Saat ini informasi dari kementerian,

Kalau dinas sosial sudah dua kali kirim surat yang pertama bulan februari sama April , sedangkan proses relling pemindahan Buku dari rekening BPNT pindah saldonya  ke rekening PKH  sampai sekarang  sedang proses,"Ujarnya.

Adapun surat kedua pihak dinas sosial memohon untuk percepatan  BPNT karena pihak kita pusing menjadi pertanyaan terus, mas.

"Untuk kabupaten  Waykanan ada 2400 lebih yang saldonya kosong karena kartunya ganda, ada juga yang saldonya kosong bukan karena ganda BPNT murni tetapi gak banyak hanya beberapa,"Tuturnya.

Tedika menerangkan kalo saldo KKS-BPNT murni itu kosong bisa di tindak lanjutin gak perlu melapor sampai ke pusat, cukup melalui pendamping bansos nya, nanti laporannya di rekab oleh E-Warung, E-Warung melaporkan ke TKSK, Tksk melanjutkan ke korda nanti korda ke mandiri atau TKSK langsung ke mandiri juga bisa, dinas sosial hanya memediasi saja,mengkoordinasi

Selanjutnya proses tindak lanjutnya ada di pendamping.

"Sedangkan untuk saldo yang kosong dari bulan januari sampai april, hal itu perlu kami cek dulu terlebih dahulu, apakah mereka termasuk dalam kategori kartu ganda seperti yang sudah saya jelaskan awal apa BPNT murni . Kalau dia ganda itulah proses relling pengaduan, kalau BPNT murni kami ngerekabnya ke pendamping bansosnya,"Ujarnya

"kalau untuk kampung Gistang kecamatan Blambangan pendampingnya Diki, nanti di rekab oleh Diki dan dilaporkan ke bang mandiri. Saya rasa  insa'allah itu sudah di laporkan, hanya kita minta keterangan dari mandiri itu, apa masalah nya, karena ada bahasa bank istilahnya gagal top up, kalau sudah ranah realisasi itu dari bank, andaikata dia ada kendala kita harus tau nanti di jelaskan oleh bank,  bank langsung menginformasikan ke pendamping, pendamping yang menjelaskan ke masyarakat, tetapi kan masyarakat kadangkala kurang memahami," Jelasnya.

Menurut Tedika untuk pentransfer dana dari Kemensos tidak sama ada yang di sp2d kan Dari kementerian  antara bulan satu dan dua andaikata gitu kadang suka menurun- menurun, hal itu sudah kami pertanyaan kan kenapa menurun. 

Sp2d itu pembayaran mereka dari sana transfer ke rekening  bank itu juga sudah kami Surati juga ,hal itu belum ada ketetapan. 

"Jumlah keseluruhan Penerima BPNT Kabapaten Way Kanan  untuk secara data itu 35.014 ( tiga puluh lima ribu empat belas) KPM, sudah termasuk kartu ganda tadi nya, realisasi nya gak sampai segitu kan ada yang meninggal ada yang sudah pindah, di tahun ini melalui bidang data dinas sosial sudah mau kita sosialisasi kan untuk usulan penggantian ,tapi berhubung sebelum mau rencana datanglah masalah covid-19 ini akhirnya penundaan,"Jelasnya. 

Tedika menguraikan seharusnya 35.014 KPM itu terpenuhi semua tetapi  nyatanya gak sampai,

Realisasi nya ini yang saya terima menurut laporan dari korda itu paling 26. 000 , sampai 27.000 kpm .

"Untuk anggaran Kemensos  yang di sp2d kan dari Kemensos itu  yang terakhir ada 31 ribu kpm sekarang turun menjadi 29 ribuan kpm, tetapi yang terealisasi di lapangan  hanya 27.000 kpm lebih kurang, kemungkinan ada yang pindah KPM nya , ada yang meninggal, mudah-mudahan selesai covid ini kita mengadakan sosialisasi penggantian,"Tegasnya. (Jkp) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment